Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) berpidato pada penutupan Rapat Pimpinan Daerah II Partai Golkar Sumatera Utara di Kota Medan, Jumat, 23 Desember 2022.

Andalkan Rekam Jejak Seperti Airlangga, Layak jadi Pertimbangan Pemilih di Pilpres

Posted by

Rabu, 25 Januari 2023 – 17:59 WIB

VIVA Politik – Keputusan Partai Golkar untuk mengedepankan rekam jejak ketimbang pencitraan semata, dalam Pilpres 2024, patut mendapat dukungan. Golkar tetap mendukung Ketua Umumnya Airlangga Hartarto, yang memiliki rekam jejak bagus.

Peneliti BRIN, Wasisto Rahadjo Jati, menilai patut untuk mendapat dukungan dengan keputusan untuk mengedepankan rekam jejak. Sikap tersebut dinilai perlu didukung, karena Golkar adalah partai besar tetapi mengambil sikap politik sendiri. Tidak mengandalkan elektabilitas dan citra seperti partai lain.

“Sikap ini mencerminkan bahwa Golkar sebagai parpol besar mempunyai prinsip politik yang dipegang daripada ikut arus,” kata Wasis, Rabu 25 Januari 2023.

Menurut dia, publik harus melihat dan mempertimbangkan matang untuk memilih capres yang ada rekam jejak gemilang. Ini sebagai cara untuk mengevaluasi capres yang akan maju ke depan.

“Soal kelayakan, hal itu bisa jadi opsi alternatif bagi publik dalam mengevaluasi figur yang akan maju pilpres,” katanya.

Maka menurut dia, partai politik harus mempromosikan capres yang memiliki rekam jejak, sebagai pertimbangan bagi pemilih nantinya. Menurut dia, seperti Airlangga yang punya rekam jejak yang bagus, untuk lebih masif mengkampanyekan ini. Termasuk melalui media sosial.

“Tentu yang paling utama adalah kampanye intensif melalui sosmed,” kata Wasis.

Halaman Selanjutnya

Partai Golkar menegaskan, tetap mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres di Pilpres 2024. Walau dari survei elektabilitas masih dibawah dengan nama-nama lainnya, bukan persoalan. Sebab Golkar lebih mengedepankan rekam kerja sang ketua umum. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id