Modul Pesawat Antariksa ke-3 dan Terakhir China Merapat di Stasiun Antariksa

Posted by

Modul ketiga dan terakhir pesawat antariksa milik China, Mengtian, akhirnya merapat ke stasiun luar angkasa permanennya, untuk melanjutkan upaya dalam menghadirkan keberadaan awak pesawat secara berkelanjutan di orbit yang telah berlangsung selama puluhan tahun.

Mengtian diluncurkan ke luar angkasa pada Senin (31/10) dari pusat peluncuran di provinsi pulau selatan Hainan di atas roket pembawa Long March – 5B Y4, salah satu kendaraan peluncur paling kuat di China. Kerumunan besar juru foto amatir dan penggemar ruang angkasa menyaksikan ketika pesawat itu naik ke langit.

Mengtian adalah modul laboratorium kedua untuk stasiun luar angkasa, yang terhubung ke modul inti tempat para awak tinggal dan bekerja. Modul sekarang ini diisi tiga astronaut, dua pria dan seorang perempuan.

“Program luar angkasa ini adalah simbol negara besar dan dorongan modernisasi pertahanan nasional China,” kata Ni Lexiong, profesor ilmu politik dan hukum Universitas Shanghai, yang menggarisbawahi hubungan dekat program militer.

“Program ini juga untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat China, memicu patriotisme dan energi positif,” tambah Ni.

Mengtian yang artinya, “Mimpi Surgawi,” bergabung dengan Wentian sebagai modul laboratorium kedua untuk stasiun tersebut, yang secara bersama dikenal sebagai Tiangong, atau “Istana Surgawi.” Keduanya terhubung ke modul inti Tianhe, tempat awak tinggal dan bekerja. [ps/rs]

Sumber: www.voaindonesia.com