Penghitungan surat suara Pemilu 2019 (Foto ilustrasi).

Puan Tokoh Publik yang Sangat Tinggi Resistensinya

Posted by

Senin, 23 Januari 2023 – 22:34 WIB

VIVA Politik – Lembaga Survei Algoritma Research and Consulting melaporkan dalam temuan riset terbarunya ada beberapa nama yang dapat resistensi tinggi atau penolakan oleh masyarakat. Penolakan itu jika tetap maju dalam Pilpres 2024.

Direktur Riset dan Program Lembaga Riset dan Konsultansi Politik Algoritma, Fajar Nursahid menyampaikan ada sejumlah nama yang nantinya akan dapat penolakan. Hal itu merujuk suara masyarakat yang jadi responden survei algoritma.

Lalu, ada nama Puan Maharani yang masuk kedalam daftar nama yang mendapatkan resistensi tinggi dari masyarakat dengan angka 18,6 persen dibanding tokoh politik lainnya.  Sementara untuk angka elektabilitasnya hanya sebesar 0,4 persen.

“Tokoh publik yang lain yang sangat tinggi resistensinya, yaitu nggak akan dipilih kalau mereka dicalonkan, yaitu Ibu Puan Maharani, sampai 18 persen,” ujar Fajar di Jakarta Pusat, Senin 23 Januari 2023.

Sementara, Menteri Pertahanan RI sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memiliki resistensi sebesar 4,8 persen dengan tingkat elektoral 16,6 persen. Anies Baswedan mendapat 3,7 persen angka resistensi dengan elektoral 18,7 persen.

“Resistensi publik kepada pak Prabowo dan pak Anies misalnya, hanya maksimal di 4,8 persen. Nggak sampai tinggi banget,” kata Fajar.

Halaman Selanjutnya

Lalu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY memiliki resistensi sebesar 3,3 persen dengan elektoral 2,3 persen.

img_title

Sumber: www.viva.co.id