Sekjen PBB Puji Desa Pertama di India yang Bertenaga Surya Sepenuhnya

Posted by

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memberi ucapan selamat kepada desa pertama di India yang secara penuh menggunakan listrik bertenaga surya dalam sebuah upacara meriah di negara bagian Gujarat, India, hari Kamis (20/10).

Guterres disambut dengan tarian dan nyanyian tradisional sebelum menuju Kuil Matahari di Modhera.

“Saya ingin mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada warga desa ini, kepada warga negara bagian ini, kepada masyarakat India atas komitmen mereka untuk menyelamatkan planet [Bumi], untuk berdamai dengan alam dan untuk mengalahkan perubahan iklim,” kata Guterres.

Ia juga menekankan pentingnya memerangi polusi, sambil mengingatkan bahwa tujuh juta orang meninggal setiap harinya karena polusi.

Pada hari Rabu (19/10), Guterres meminta dukungan India untuk memobilisasi negara-negara G20 untuk membantu negara-negara berkembang yang terlilit utang, di mana tiga negara tetangga India sendiri sudah mengajukan pinjaman kepada IMF di tengah kesulitan ekonomi yang mereka hadapi.

India akan mengambilalih presidensi G20 dari Indonesia pada 1 Desember mendatang untuk setahun ke depan. Tetangga-tetangga India, yaitu Sri Lanka, Pakistan dan Bangladesh, telah mengajukan pinjaman ke IMF dalam beberapa bulan terakhir ketika tingginya harga minyak mempersulit upaya mereka untuk bangkit dari kerusakan ekonomi akibat pandemi COVID-19. [rd/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com