Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan DPP PKS, Indra.

Soroti Bentrokan Pekerja di Morowali Utara, PKS Singgung Regulasi UU Bermasalah

Posted by

Rabu, 25 Januari 2023 – 20:47 WIB

VIVA Politik – Bentrokan antar pekerja di area tambang nikel PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), di Morowali Utara, Sulawesi Tengah pada Sabtu, 14 Januari 2023 masih jadi sorotan. Insiden bentrokan itu menewaskan dua pekerja.

Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan DPP PKS Indra menyampaikan bukan hanya di dalam negeri, tapi bentrokan maut itu juga menyedot perhatian luar negeri. Dia berpandangan jika ditelisik lebih jauh, hal itu dipicu persoalan regulasi UU dan politik hukum yang bermasalah. 

“Selagi persoalan regulasi ini tidak dituntaskan, maka persoalan-persoalan kerusuhan seperti itu akan terus terjadi di berbagai tempat,” kata Indra, dalam webinar dengan tema ‘Alarm Dampak Perppu Cipta Kerja dari Tragedi Morowali’, di kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu, 25 Januari 2023.

Menurut dia, kejadian itu saat ini terjadi di Morowali Utara. Namun, ke depan tragedi itu bisa saja terjadi di tempat-tempat lain. “Itu semua terjadi setelah pemerintah mengesahkan UU Cipta Kerja,” tutur Indra.

Indra mengatakan, sikap PKS sejak awal menolak UU Cipta Kerja. Dia pun mendorong agar Presiden Jokowi menerbitkan Perppu untuk mencabut UU Cipta Kerja. 

“Sampai saat ini sikap PKS jelas dan konsisten, menolak UU Cipta Kerja,” jelas Indra.

Halaman Selanjutnya

Pun, dia menambahkan jika penegakan hukum dan pemangku kepentingan berjalan sebagaimana mestinya, kerusuhan di PT GNI tak akan pernah terjadi.

img_title

Sumber: www.viva.co.id