Hasto Kristiyanto

Hasto Sebut Indonesia ke Depan Butuh Kepemimpinan Intelektual

Posted by

Rabu, 18 Januari 2023 – 18:36 WIB

VIVA Politik – Seperti apa pemimpin Indonesia ke depan, menurut Hasto Kristiyanto, yang juga doktor Ilmu Pertahanan Universitas Pertahanan atau Unhan RI itu, harus yang intelektual. Menurut dia, kepempimpinan intelektual yang dibutuhkan.

Jelas Sekjen PDIP itu, Indonesia butuh pemimpin yang menyadari ketertinggalan Indonesia selama ini. Hampir terjadi di semua aspek, karena adanya jarak antara penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Itu dikatakan oleh Hasto, ketika berbicara di hadapan mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) RI, yang melakukan kunjungan lapangan ke pabrik petrokimia milik negara, PT Pupuk Kujang, di Cikampek, Jawa Barat, pada Rabu 18 Januari 2023.

“Kepemimpinan intelektual itu artinya bisa membaca arah ke depan berbasis pada ilmu pengetahuan. Dengan membaca buku dan berdiskusi, kita tahu arah masa depan dan kita bisa tentukan migrasi terpendek mencapai masa depan itu,” kata Hasto.

Hasto yang juga pengajar di Unhan tersebut, mengatakan para mahasiswa bersama puluhan juta anak muda Indonesia lainnya, merupakan calon pemimpin bangsa. Sehingga mesti diasah sejak dini, agar terbangun kepemimpinan intelektual.

Jelas dia, kepemimpinan intelektual penting. Untuk membawa Indonesia menjadi bangsa hebat dan berdikari. Untuk dipahami, lanjut Hasto, pertahanan sebuah bangsa itu bukan hanya bersifat militer, namun juga non militer. Sehingga kepemimpinan harus dibangun di berbagai bidang kehidupan.

“Maka kepemimpinan kita harus di segala bidang, dan hanya bisa kita lakukan jika kita menguasai ilmu-ilmu dasar, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta riset. Tak ada negara yang besar tanpa penguasaan ilmu-ilmu dasar,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya

“Negara kita ini kaya akan sumber daya. Tapi ketika ada gap penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kita seringkali tertinggal dalam banyak aspek,” tambahnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id